Selamat Datang di Website Resmi Desa Banjar Sari Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur - NTB JADWAL LAYANAN POSYANDU KELUARGA BULAN JUNI 2023: DASAN SAWE 15/06, SEPAKAT 17/06, PUNGKANG 19/06, BANJAR GETAS 20/06, GUBUK MASJID 21/06, CEMPAKA 22/06, DAN TAMAN SARI 24/06 Silakan cek kepesertaan Anda pada Pemilihan Umum Tahun 2024 di https://cekdptonline.kpu.go.id/

Artikel

SISTEM PENGADUAN MASYARAKAT UNTUK PKH

05 Mei 2020 08:42:00  KHAIRIL MAHPUZ  1.093 Kali Dibaca  Berita Desa

Pengertian Sistem Pengaduan Masyarakat (SPM)

Menurut Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 (Perpres No. 76/2013) tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, pengaduan adalah penyampaian keluhan yang disampaikan pengadu kepada pengelola pengaduan pelayanan publik atas pelayanan pelaksana yang tidak sesuai dengan standar pelayanan atau pengabaian kewajiban dan/atau pelanggaran oleh penyelenggara.

Sementara itu yang dimaksud dengan pelayaan publik ialah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

 

Tujuan SPM untuk Program Keluarga Harapan (PKH)

1. Untuk melihat efektivitas pelayanan publik yang diberikan, termasuk program Pemerintah seperti PKH.

2. Untuk mengidentifikasi permasalahan yang umum ditemui dalam pelaksanaan program di seluruh Indonesia.

3. Untuk memenuhi hak penerima manfaat/layanan dan masyarakat umum.

4. Untuk memenuhi mandat peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Jenis-jenis Pengaduan Masyarakat

1. Terkait Program Keluarga Harapan (PKH)

a. Permintaan informasi,

b. Permintaan kepesertaan di dalam program, dan

c. Permintaan kepesertaan di dalam program lain (komplementaritas).

 

2. Terkait dengan Pelaksanaan PKH

a. Penyaluran bantuan yang tidak tepat waktu atau tepat jumlah,

b. Kesulitan akses ke sekolah,

c. Kesulitan akses ke fasilitas kesehatan, dan

d. Masalah terkait perbankan.

 

3. Terkait dengan Kinerja SDM PKH

a. Pelaksanaan FDS,

b. Pelaksanaan pendampingan,

c. Penyaluran bantuan tidak tepat waktu dan jumlah, serta

d. Pelanggaran kode etik yang berpotensi membahayakan reputasi program.

 

Contact Center Pengaduan

1. Media Sosial

Website: https://pkh.kemsos.go.id/

Email: pengaduan@pkh.kemsos.go.id

Facebook: kemsos.pkh  dan  linjamsoskemensos

Twitter: @kemsos_pkh

Instagram: kemsos_pkh

 

2. Pesan Singkat/SMS di nomor 0811 1500 229

 

Contoh Penanganan Pengaduan untuk Kasus Permintaan Uang oleh Pendamping kepada KPM

1. KPM mengirimkan SMS ke nomor SMS Center PKH.

2. Fungsi monitoring kanal SMS/Whatsapp mencatat pengaduan dan memberikan nomor tiket pengaduan kepada KPM serta menanyakan apakah pengaduan tersebut hendak diproses secaa anonym atau tidak.

3. Pengaduan diteruskan kepada Tim SPM Dit. JSK.

4. Tim SPM Dit. JSK mendelegasikan investigasi kepada Koordinator Kota, tembusan kepada Sub Dit Sumber Daya.

5. Koordinator Kabupaten menyelidiki, jika tuduhan terbukti kemudian menyampaikan hasil temuan kepada Subdit SDM (yang bertanggungjawab untuk urusan personalia).

6. Subdit SDM memberikan langkah awal penyelesaian berupa penerbitan surat peringatan.

7. Subdit SDM menyampaikan langkah penyelesaian tersebut kepada Tim SPM Dit. JSK yang kemudian menyampaikan kepada staf Contact Center.

8. Staf Contact Center menyampaikan penyelesaian yang telah disampaikan, pengaduan dinyatakan selesai dan dicatat untuk keperluan analisa di masa yang akan datang.

9. JIka pembuat pengaduan menyetujui penyelesaian yang telah disampaikan, pengaduan dinyatakan selesai dan dicatat untuk keperluan analisa di masa yang akan datang.

10. Jika pembuat pengaduan ingin melakukan banding, proses SPM yang sama akan diulang dengan beberapa perubahan kasus per kasus.

 

IDENTITAS PEMBUAT ADUAN AKAN DIRAHASIAKAN DEMI KEAMANAN YANG BERSANGKUTAN

Nurhayati br marbun
03 April 2023 10:43:05
Assalamualaikum saya mau bertanya Mengapa PKH saya tak cair??

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Agenda

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Sinergi Program

CEK DPT ONLINE
DTKS_SIKS NG Dinas PMD Kab. Lombok Timur LAPOR! KEMENSOS RI
Dinas Sosial Kab. Lombok Timur Dinas Dukcapil Kab. Lombok Timur Dinas Kominfo Kab. Lotim
TNP2K SID KEMENDESA LAPOR BUP
KIP KULIAH BAWASLU NTB KPU LOTIM

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. H. Sayyid Abdurrahman Al-Gadri
Desa : Banjar Sari
Kecamatan : Labuhan Haji
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83616
Telepon : 083831347789
Email : banjarsaripemdes2019@gmail.com

 Peta Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.039
    Kemarin:5.383
    Total Pengunjung:2.466.119
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.229.131.158
    Browser:Tidak ditemukan

 Media Sosial