Dilansir laman web resmi BPJS Kesehatan, ada berbagai macam kanal layanan non tatap muka yang dapat diakses Peserta secara mandiri setiap saat untuk mendapatkan infomasi status aktif/tidaknya kartu JKN-KIS. Diantara caranya yaitu:
1. Pengecekan Melalui Aplikasi Mobile JKN
Sebelum melakukan pengecekan status keaktifan kepesertaan JKN-KIS Peserta harus mengunduh aplikasi mobile JKN terlebih dulu melalui Google Play Store dan App Store dan mendaftarkan diri sebagai pengguna mobile. Berikut caranya:
a. buka aplikasi mobile JKN;
b. login menggunakan NIK/Nomor Kartu dan password;
c. masukkan captcha pada kolom yang telah disediakan sesuai dengan yang tertera di aplikasi, klik Login;
d. pilih menu Peserta; dan
e. halaman akan menampilkan inforamsi status keaktifan kepesertaan JKN-KIS dan data identitas.
2. Pengecekan Melalui Layanan CHIKA (Chat Assistant JKN)
Layanan CHIKA dapat diakses melalui beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook Messenger di facebook/BPJSKesehatanRI/, aplikasi pesan Telegram di @Chika_BPJSKesehatan_bot, serta aplikasi WhatsApp di nomor 08118750400. Berikut caranya:
a. chat CHIKA melalui Facebook Messenger, Telegram, dan WhatsApp;
b. pilih menu cek status peserta;
c. ketik nomor peserta/NIK;
d. ketik tanggal lahir sesuai format yang diminta; dan
e. CHIKA akan menampilkan informasi status keaktifan kepsetaan JKN-KIS.
3. Pengecekan Melalui Layanan BPJS Kesehatan Care Center 165
BPJS Kesehatan Care Center 165 merupakan kanal yang dapat diakses mellaui telepon
rumah ataupun telepon seluler selama 24 jam tujuh hari seminggu. Berikut caranya:
a. menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di nomor 165;
b. memilih jenis layanan 1 (satu);
c. memilih layanan status kepesertaan;
d. ketik nomor peserta/NIK;
e. ketik tanggal lahir; dan
f. VIKA akan menyampaikan informasi status keaktifan kepesertaan JKN-KIS.